Minggu, 28 Februari 2010

Pengaruh Ekonomi Orang Tua Terhadap pretasi Belajar pada MIN Dolok Masihul

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah Syukur Penulis Kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Penulis dapat menyelesaikan Tugas yang diberikan kepada Penulis. Shalawat dan salam tercucah kepada Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan jalan Terang benderang dan beliaulah Suri Tauladan Kita.

Penelitian yang berjudul Pengaruh Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN Dolok Masihul ini banyak kekurangan Penyajian dan Pembahasannya sehinggajauh dari kesempurnaan. Untuk itu Penulis sangat membutuhkan Kritik dan Saran dari Pembaca demi tercapainya Kemajuan dari Penelitian ini.

Akhirnya semua usaha Penulis serahkan kepada Allhah SWT semoga Penelitian ini dapat bermanfaat kepada semua pihakyang telah membantu dalam penyusunan Penelitian ini, penulis ucapkan Terima Kasih.





Tebing Tinggi, Juni 2009




PENULIS




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i

DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 2
C. Tujuan Penelitian 2
D. Manfaat Penelitian 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian 3
B. Keadaan Siswa 3

BAB III PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 5
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN – SARAN 6














BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah.


Sesuai dengantujuan Pendidikan yang dijelaskan dalam Undang – Undang RI NO 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi :
Pendidikan adalah usaha,sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara Aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki Kekuataan Spritual, keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Sebegitu jauh tujuan pendidikan tersebut maka secara umum siswa dilatih untuk terampil mengembangkan penalaran terutama dalam ilmu pengetahuan.

Siswa yaitu manusia yang dalam satu lingkuan social yang mikro yaitu Keluarga sangat besar sekali pengaruhnya. Peranan keluarga sebagai pendorong perkembangan daya Penalaran Individu dipengaruhi oleh Interaksi sosial yang yang dinamis dan wajar, status sosial ekonomi yang berpengaruh. Jika perekonomian cukup, lingkunganmateril yang dihadapi siswa dalam keluarganya itu lebih luas, maka ia dapat kesempatan yang luas pula untuk mengembangkan berbagai kecakapannya.

Penelitian yang saya lakukan untuk mengetahui apakah ada “ Pengaruh ekonomi terhadap prestasi belajar siswa MIN Dolok Masihul, karena sebagai siswa mempunyai pola – pola kehidupanyang berbeda – beda.



B. Rumusan Masalah.

Berpijak dari Latar Belakang Masalah diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
- Bagaimana pola kehidupan siswa dapat mempengaruhi belajar siswa MIN Dolok Masihul terutama di bidang ekonomi orang tua.

C. Tujuan Penelitian.

Adapun tujuan penelitian adalah sebagai berikut :
- Ingin mengetahui pola kehidupan siswa atau pengaruh ekonomi orang tua terhadap prestasi siswa MIN Dolok Masihul.

D. Manfaat Penelitian.

Penelitian ini dilakukan dengan harapan agar bermanfaat :
- Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang ekonomi orang tua siswa MIN Dolok Masihul.
- Untuk pengembangan Ilmu Pendidikan, khususnya pengembangan wawasan apakah ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi siswa.











BAB II

PEMBAHASAN


A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian.

Penelitian ini dilakukan di MIN ( Madrasah Ibtidaiyah Negeri ) Dolok Masihul yang terletak di Jalan Merdeka Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai. MIN Dolok Masihul berdiri pada Tahun 1991.

B. Keadaan Siswa.

Populasi penelitian ini adalah siswa dari MIN Dolok Masihul yaitu kelas III (Tiga) dengan jumlah siswa 23 Orang. Sebagai Sampel saya ambil adalah siswa – siswa yang berprestasi dari rngking I s/d X. Data – data tersebut diambil dari Dokumenter Guru Kelas.

TABEL 1
Keadaan siswa berdasarkan Keadaan Status Ekonomi
NO Nama Siswa Pekerjaan Orang tua Penghasilan Orang Tua
1 Shella Rezky Fara Diva TNI - AD Rp 2.000.000,-
2 Yeni Safitri Petani Rp 1.500.000,-
3 Sri Wahyuni Wiraswasta Rp 1.000.000,-
4 M. Fikri Nahrowi Wiraswasta Rp 600.000,-
5 Dilla Aulia Syafira Wiraswasta Rp 750.000,-
6 Salman Al Farisi Karyawan Rp 1.050.000,-
7 M. Siddiq Lubis Wiraswasta Rp 1.000.000,-
8 Indra Lesmana Supir Rp 500.000,-
9 Risma Khairani Wiraswasta Rp 600.000,-
10 Ikhwan Al farisi Wiraswasta Rp 1.500.000,-

TABEL II
Keadaan siswa berdasarkan Rangking Kelas
NO Nama Siswa Rangking Kelas
1 Shella Rezky Fara Diva 1
2 Yeni Safitri II
3 Sri Wahyuni III
4 M. Fikri Nahrowi IV
5 Dilla Aulia Syafira V
6 Salman Al Farisi VI
7 M. Siddiq Lubis VII
8 Indra Lesmana VIII
9 Risma Khairani IX
10 Ikhwan Al farisi X


TABEL III
Keadaan Siswa berdasarkan Rangking dan Status Ekonomi
NO Nama Siswa Pekerjaan Orang tua Rangking Kelas Kegiatan Ekstrakurikuler
1 Shella Rezky Fara Diva TNI - AD I Les Bahasa Inggris
2 Yeni Safitri Petani II -
3 Sri Wahyuni Wiraswasta III -
4 M. Fikri Nahrowi Wiraswasta IV -
5 Dilla Aulia Syafira Wiraswasta V -
6 Salman Al Farisi Karyawan VI Les Bahasa Inggris
7 M. Siddiq Lubis Wiraswasta VII -
8 Indra Lesmana Supir VIII -
9 Risma Khairani Wiraswasta IX -
10 Ikhwan Al farisi Wiraswasta X -

BAB III

PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN


Setelah diteliti dari tabel I, II, III, maka hasil penelitian menyatakan bahwa adanya Pengaruh Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas III MIN Dolok Masihul.























BAB V

KESIMPILAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN


Dari berbagai uraian dan pembahasan dikemukakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya Pengaruh Ekonomi Orang Tua untuk mendukung anaknya serta untuk memativasi anak dalam belajar, sehingga Prestasi anaknya akan lebih baik.


B. SARAN – SARAN

Karena ada Pengaruh Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa, maka saran saya Kepada Orang Tua Agar :
1. Memberikan Motivasi Yang Tinggi Kepada Anak.
2. Membelikan Keperluan Anak untuk Prestasi Belajar Mengajar.
3. Menambah Ekstrakurikuler Anak.

Tidak ada komentar: